Selasa, 20 Desember 2011

Anak Jalanan

Anak jalanan, mungkin menurut kita mereka yang salah satunya sebagai  pengamen yang berda di jalan-jalan lampu merah atau tempat lainnya yang selalu yang ada di benak kita adalah seorang anak yang kotor, kumuh, dan nakal. Memang kurang lebihnya itu benar, tapi ada suatu hal yang lebih berharga di balik semua itu. Anak jalanan mempunyai suatu keistimewaan yang tidak kita miliki. Yaitu mereka yang setiap harinya mampu melawan kenyataan kekejaman kehidupan hanya untuk 1 tujuan yaitu mencari uang untuk hidup 1 hari. walaupun yang didapat sedikit namun mereka tetap bersyukur dan tak mengenal kata “putus asa” untuk kembali berjuang pada hari-hari selanjutnya.
Ada dua pengelompokan bagi anak jalanan :

  1. children on the street/anak di jalanan yaitu anak-anak yang mermpunyai kegiatan di jalanan, tetapi mereka tinggal bersama orang tuanya dan senantiasa pulang kerumah.  
  2. children of the street/anak-anak jalanan yaitu anak yang sebagian besar menghabiskan waktunya di jalanan bersama teman-temannya dan tidak memiliki orang tua.


Anak jalanan bukan berati mereka tidak memiliki ilmu sama sekali, tetapi mereka bisa mendapatkan ilmu dari keseharian mereka yang mereka jalani. mereka juga pantas untuk mendapatkan kesempatan untuk menduduki bangku sekolah, untuk mereka menuntut ilmu mewujudkan impian-impian yang mereka miliki. Untuk kita sebagai orang yang mampu wajib membantu mereka untuk mewujudkan apa yang mereka impikan walau hanya sedikit tetapi bantuan itu sungguh berarti untuk masa depan mereka.

0 celoteh:

Posting Komentar

Next home

Popular Post